Rabu, 17 Juli 2013

Menjaga Perut Saat Berbuka

Seringkali kita merasa sakit saat berbuka puasa. kali ini saya akan berbagi tips supaya perut tetap enakan saat berbuka puasa walaupun makanya banyak.



1. yang pertama : Berdoa dulu, jangan asal comot aja.
doa berbuka puasa :

اللهم لك صمت و بك امنت و على رزقك افطرت برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahhumma laka shumtu wa bika aamantu wa 'alaa rizqika aftortu birohmatika yaa arhamar raahimiin

artinya : Ya Allah, karenamu aku berpuasa, denganMu aku beriman, dan dengan rizqimu aku berbuka



kalo yang panjangnya :

اللهم لك صمت و بك امنت و على رزقك افطرت برحمتك يا ارحم الراحمين

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Allahhumma laka shumtu wa bika aamantu wa 'alaa rizqika aftortu
dahabadh dhomau wabtal latil nguruuku
watsabatal ajru
insyaa Allah

artinya : Ya Allah, karenamu aku berpuasa, denganMu aku beriman, dan dengan rizqimu aku berbuka
kini rasa hausku telah hilang, dan kerongkonganku telah basah,
semoga pahala kudapatkan
insyaa Allah

2. yang kedua adalah minumlah dengan yang manis-manis hanya setengah gelas.
3. yang ketiga adalah makan yang manis misalnya kurma, atau buah yang lain semangka misalnya
4. yang keempat jangn makan dulu sholatlah terlebih dahulu
5. yang kelima ngaji Quran dulu satu atau dua ayat
6. yang keenam berdoa misal membaca doa al faatehah
7. yang ketujuh barulah boleh makan secukupnya jangan sampai perut terasa penuh
8. yang kedelapan bila terasa agak kembung atau gak enak berjalan jalanlah sebertar sambil puji-pujian atau solawatan

yang terakir semoga membantu amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomertarlah yang baik-baik yang bermanfaat karna sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain ~ suwun ~