Jumat, 19 Juli 2013

Hal-hal yang tidak ada di bulan ramadhan kali ini

Ada banyak sekali hal yang tidak ada di bulan ini, yang membuat keindahan dan kegembiraan bulan Ramadhan berkurang. Ini sedikit curhatan saya :/ mengenai beberapa hal yang sudah hilang dari kebiasaan menyambut bulan suci ramadhan. bagaimana menurut anda ??? kalo saya sendiri bulan ramadhan yang sekarang terasa hampir sama dengan hari-hari biasa. ini adalah hal-hal yang tlah hilang bahkan ada yang punah :



1. Seringnya perbedaan penentuan awal bulan ramadhan dan hari raya idul fitri yang dulu gak pernah terjadi.
2. Musik jangkrik, dulu setiap bulan ramadhan pasti ada banyak jangkrik. mungkin dikarenakan bertambahnya rumah-rumah penduduk dan semakin berkurangnya tegalan (kebun). dulu kakak-kakakku memelihara sampai 30 an yang membuat berisik rumah karena batas tembok.
3. kebiasaan berjamaah sholat shubuh, dulu hampir setiap orang pergi sholat shubuh di bulan ramadhan selain sholat tarawih.
4. JJP atau jalan jalan pagi setelah mendengarkan kultum pagi biasanya semua orang pergi joging. tapi sekarang lebih banyak yang suka tidur.
5. bak sodor atau dalam bahasa inggrisnya "go back to door" katanya. ini adalah permainan tradisional dilakukan di jalan digaris kotak-kotak 2x3 minimal tapi biasanya 2x5-6 karena banyaknya pemain.yang jaga berada digaris dan yang main di dalam kotak. semua pemain harus berhasil sampai melewati garis belakang dan kembali lagi ke tempat awal. setiap penjaga berada di satu garis tugasnya mengenai pemain, bila tersentuh berarti gantian yang jaga. ini permainan kelompok yang membutuhkan kerjasama yang apik, konsentrasi yang tinggi serta kelincahan. sedangkan kunci utama penjagaan berada di penjaga garis tengah.
6. kebiasaan tidur di masjid setelah tadarusan kemudian dilanjutkan tok tek to dor (alhamdulillah yang ini masih ada walau sudah berkurang, yaitu membangunkan orang lain untuk sahur dengan tabuhan yang alat musiknya terbuat dari bambu. dinamakan "tok tek tok dor" karena bunyi tabuhannya seperti itu.
7.lihatlah bintang-bintang yang tampak tak begitu gembira terasa berbeda, sinarnya dan jumlahnya tak begitu tampak dan biasanya dulu banyak sekali bintang jatuh.

terimakasih telah membaca :) silahkan bila ada yang mau berkomentar atau menambahi :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomertarlah yang baik-baik yang bermanfaat karna sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain ~ suwun ~