Selasa, 30 Juli 2013

Apa itu malam lailatul qadr

Malam lailatul qodr adalah malam kemuliaan, malam kemuliaan itu atau malam lailatul qadr lebih baik dari 1000 bulan. WoW kebanyang kagak, hidup seribu bulan? ini semalam saja lebih baik dari pada seribu bulan, SubhanAllah, Allahhu Akbar. mari simak ayak lailatul qadr ayat 1-5:




1. Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Quran) pada malam kemuliaan.
2. Dan tahukah kamu malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu Bulan
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril dengan izin Tuhannya untuk segala urusan
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar

Sehingga malam itu pun dipenuhi barakah yang berlimpah ruah, sebuah ibadah yang dilakukan pada malam itu dengan ikhlas dan sesuai dengan petunjuk Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa Sallam lebih baik daripada ibadah yang dilakukan selama seribu bulan selain Ramadhan. Tentu keutamaan yang amat besar ini akan membuat hati yang jernih dan akal yang sehat terdorong dan berharap untuk dapat meraihnya.

Kapan terjadinya lailatul qadar?

Malam lailatul qadar terjadi pada bulan Ramadhan, sekali dalam setahun. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

”Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, jika ada diantara kalian lemah, maka jangan sampai luput dari tujuh malam yang tersisa (terakhir).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Apa Doa pada malam itu ?

Dari ‘Aisyah radhiyallahu anha bahwa dia bertanya: Wahai Rasulullah, bagaimana jika aku tahu suatu malam dari lailatul qadr, apa yang harus aku baca pada malam tersebut? Beliau bersabda: “bacalah:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفوَ فَاعْفُ عَنِّي .

Allahuma innaka Afuwun karim tuhibbul afwa fafu a'niy

(artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai ampunan, maka ampunilah aku).”  Riwayat Imam Lima selain Abu Dawud.

Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar :

Ciri-ciri dari orang yang mendapat Malam Lailatul Qadar adalah dia ibadahnya lebih rajin daripada sebelumnya. Dia jadi lebih rajin shalat, puasa, sedekah, dsb.
Tidak berani mengerjakan hal-hal yang maksiat. Tidak mungkin dia mabuk-mabukan, berjudi, atau pun berpacaran/ mendekati zina.""


untuk info lain klik dibawah ini :)
ini dia beberapa keterangan malam lailatul qadr dan kapan malam lailatul qadr?

untuk bertanya silahkan komen, perbanyaklah beribadah di malam lailatul qadr dan siapin juga kopi serta makanan ringan :) untuk mendapatkan malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomertarlah yang baik-baik yang bermanfaat karna sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain ~ suwun ~