Sabtu, 03 Agustus 2013

Cara Menghitung Zakat Mal

Sudahkah anda mengeluarkan zakat mal? Apa itu zakat mal? mari kita bahas bersama-sama :)

Dari pertanyaan pertama sudahkah anda mengeluarkan zakat mal? jika belum maka keluarkanlah . Berapa sih harta yang harus dikeluarkan la wong cuma 2,5 persen gak banyak apa susahnya :). "Tidaklah shadaqoh itu akan mengurangi harta kekayaan" HR. Muslim. Justru Allah akan menambahkanya berlipat-lipat, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir,pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui" QS. Al-Baqoroh: 268.



Apa itu zakat mal? zakat mal ialah zakat harta benda atau kalau di indonesia sering disebut kekayaan, Allah SWT mewajibkan kita mengeluarkan zakat mal apabila syarat wajibnya sudah terpenuhi. Syarat wajibnya ialah islam, merdeka, baligh dan berakal, memenuhi nishab (batas terendah yang ditentukan oleh syar'i) berbeda-beda tergantung zakatnya, misal zakat pertanian biaya pengairan sendiri maka zakat mal nya 2,5 persen, sedangkan bila perairannya dari sumber tampa mengeluarkan biaya maka zakat malnya sebesar 5 persen.

Cara paling mudah menghitung Zakat Mal adalah dengan Menjumlahkan semua harta kekayaan kita dikalikan 2,5 persen. Tak usalahlah menghitung sudahkah memenuhi nishab karena jikalaupun belum memenuhi nishab maka hukumnyakan sunnah dan dengan bersedekah tak akan mengurangi harta kekayaan kita, bukankah Allah sudah menjamin itu semua. "Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan disiang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." QS. Al-Baqoroh: 274

Jadi kesimpulannya marilah kita keluarkan zakat kita 2,5 persen dari apa yang kita peroleh untuk membersihkan apa-apa yang telah kita dapatkan, karena sedekah itu mampu menyucikan harta benda kita. Dan jangan lupa sholat dhuha setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomertarlah yang baik-baik yang bermanfaat karna sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain ~ suwun ~